Hak dan Kewajiban
HAK PASIEN
- Memperoleh informasi tentang hak dan kewajiban pasien.
- Memperoleh layanan yang manusiawi, adil, jujur, dan tanpa diskriminasi.
- Memperoleh pelayanan kesehatan bermutu sesuai standar profesi dan standar operating prosedur.
- Memperoleh layanan yang efektif dan efisien sehingga pasien terhindar dari kerugian fisik dan materi.
- Mendapat privasi dan kerahasiaan penyakit yang diderita termasuk data medisnya.
- Memberikan persetujuan atau menolak atas tindakan yang akan dilakukan oleh tenaga kesehatan terhadap penyakit yang dideritanya.
- Mendapat informasi meliputi diagnosis medis, alternatif tindakan, resiko dan komplikasi yang mungkin terjadi dan prognosis terhadap tindakan yang dilakukan serta perkiraan biaya pengobatan.
- Mengajukan pengaduan atas kualitas pelayanan yang didapatkan.
KEWAJIBAN PASIEN
- Memberikan informasi benar, jelas, dan lengkap.
- Mengetahui kewajiban dan tanggungjawab pasien dan keluarga.
- Mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk hak dan yang tidak dimengerti.
- Memahami dan menerima konsekuensi pelayanan.
- Mematuhi instruksi dan menghormati peraturan puskesmas.
- Memperlihatkan sikap menghormati dan tenggang rasa.
- Memenuhi kewajiban finansial sesuai peraturan.