• 0271-662670
  • puskesmasmatesih@gmail.com
Hak dan Kewajiban

Hak dan Kewajiban

HAK PASIEN

  1. Memperoleh informasi tentang hak dan kewajiban pasien.
  2. Memperoleh layanan yang manusiawi, adil, jujur, dan tanpa diskriminasi.
  3. Memperoleh pelayanan kesehatan bermutu sesuai standar profesi dan standar operating prosedur.
  4. Memperoleh layanan yang efektif dan efisien sehingga pasien terhindar dari kerugian fisik dan materi.
  5. Mendapat privasi dan kerahasiaan penyakit yang diderita termasuk data medisnya.
  6. Memberikan persetujuan atau menolak atas tindakan yang akan dilakukan oleh tenaga kesehatan terhadap penyakit yang dideritanya.
  7. Mendapat informasi meliputi diagnosis medis, alternatif tindakan, resiko dan komplikasi yang mungkin terjadi dan prognosis terhadap tindakan yang dilakukan serta perkiraan biaya pengobatan.
  8. Mengajukan pengaduan atas kualitas pelayanan yang didapatkan.

KEWAJIBAN PASIEN

  1. Memberikan informasi benar, jelas, dan lengkap.
  2. Mengetahui kewajiban dan tanggungjawab pasien dan keluarga.
  3. Mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk hak dan yang tidak dimengerti.
  4. Memahami dan menerima konsekuensi pelayanan.
  5. Mematuhi instruksi dan menghormati peraturan puskesmas.
  6. Memperlihatkan sikap menghormati dan tenggang rasa.
  7. Memenuhi kewajiban finansial sesuai peraturan.